Ban Motor Juga Ada Kadaluarsanya Gan!

Kejadian unik ini saya temui bersama teman ane, pas pagi-pagi ga ada kerjaan kami berniat menggosok-gosok (emang batu akik digosok!) motor kami barengan. La talah kok ane nemuin ada yang janggal di motor teman ane... ini dia penampakannya gan:
Retak Gan! Macem ban truk roplakan :o
Retaknya hampir membulet sepanjang ban
Setelah ane analisa (ceilah macem pakar aja) ternyata tahun produksi bannya '1512' yang artinya minggu ke-15 tahun 2012 gan. berarti udah 3 tahun lebih gan. itu ban kok awet bener 3 tahun kaga abis-abis? iya lah la wong motor jarang banget dipake jarak jauh, seminggu paling cuma kepake 30 km buat bolak-balik ngampus doang.
Ane cek lagi tuh ban, ternyata emang udah getas abis + tekanan ban keras banget gan. Kesimpulan ane itu ban retak gara-gara ban udah getas kemakan umur + terkanan ban yang berlebih gan, makanya ban motor agan jangan diawet-awet sampai bertahun-tahun ya gan meski ban motor agan ban mahal sekalipun sama aja gan. Sama jangan lupa selalu kontrol tekanan angin ban agan, idealnya standar pabrikan rata-rata nyaranin depan 28-29 psi dan belakang 32-33 psi. Agan disini pasti ragu kok kecil amat tekanannya? ya emang segitu gan, baca lagi deh di buku paduan motor agan atau di stiker tekanan ban yang biasanya ada di lengan ayun motor agan.
Itu angka bukan main-main gan, sudah diriset pabrikan motor bertahun-tahun. Ane ragu kenapa kok di outlet pengisian nitrogen kebanyakan pada ngisi angin sampai 33-35 psi (depan) sama 36-38 psi (belakang). Hanya Tuhan dan mereka yang tahu....
Sekian, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Subtitusi Kampas Rem Ninja 250FI? Depan Belakang Bisa Pakai Punya Supra X 125!

Oli Ninja 250 FI Bocor/Menetes? Cek Dengan Teliti Gan!

Ban Belakang Vixion Oleng? Ini Solusinya